Ads 468x60px

Blogger templates

Rabu, 24 Oktober 2012

Salam Kenal..... (Pembelajaran Part I)

Assalamu’alaikum “Blogger Hollic” 
Dimanapun kalian berada ? 
Gimana kabar kalian? 
Gimana tentang aktivitas keseharian kalian bersama blogger ? 
Pasti bakal nggak selesai-selesai ya, kalaw kita harus ceritain semua disini. 

       Yapp… pertama dan utama, dengan penuh rasa harap, kalian akan menerima kehadiranku dalam dunia blogger ini, dunia penuh kreasi . Karena disini kita bisa bersama-sama mengkolaborasikan karya tulis dan usaha memperindah halaman-halaman kita dengan berbagai macam widget, dan kelengkapan-kelengkapan yang ada. 
       
       Hahaha, yayaya mungkin emang aku banget kalik ya, yang banyak bicara, yang bicara banyak-banyak dan maunya apa aja diomongin kalaw udah gabung ma kalian disini. Kwkwkwk...........

Ladies and gentlemen…. 
       
       Kembali ke “Laptop” (Langsung pada Topic)…. Kali ini aku mau berbagi Posting sama kalian semua tentang salah satu materi pembelajaran yang mungkin akan cukup bermanfaat buat kamu-kamu semuanya. 
       Materi yang kali ini mau aku jelasin yaitu mengenai “Standard Operation Procedure” dari pengoperasian system-system kelistrikan tambahan yang ada di mobil. 
       Dan untuk kali ini mobil yang kita pakai adalah Daihatsu Luxio M, cukup lah buat belajar kita kali ini.
       Oh ya teman-teman aku juga bakal berbagi video dan foto-foto ku selama pelaksanaan praktek atau peragaan, sehingga diharapkan kalian akan semakin punya gambaran mengenai obyek dari penjabaran materi yang aku jelaskan nanti. 

       Okey guess mari kita mulai bersama-sama dengan bacaan basmalah. 
Bismillahirahmanirrahim… 

       Awal dari setiap praktek yang kami laksanakan sehari-hari tidak lepas dari materi panduan yang sering disebut Dasar Teori Materi
       Dan kini saat nya kita bersama menyaksikan sejenak beberapa yang mau lewat ini… 
Monggo… 

Dasar Teori Power Window 
       

       Sistem Power Window adalah sistem untuk membuka dan menutup jendela dengan menggunakan saklar. Saklar digunakan untuk mengoperasikan motor power window untuk menggerakkan jendela ke arah membuka atau menutup. 
       Power window terpasang pada sisi bagian dalam pintu. Pada saat saklar power window ditekan, maka system akan memutarkan motor power window dan gerak putar ini akan diubah oleh regulator menjadi gerak naik dan turun untuk membuka atau menutup jendela. 
  
Fungsi kelistrikan power window 
       Sistem power window meliputi fungsi sebagai berikut: 

1. Fungsi buka/tutup manual  
       Pada saat saklar power window ditekan atau ditarik setengahnya saja, jendela akan membuka atau menutup. Jendela akan berhenti bergerak jika saklar selesai ditekan/ditarik. 
*Mobil Daihatsu Luxio M sudah menggunakan system ini. 

2. Fungsi buka/tutup dengan satu sentuhan 
       Pada saat saklar power window ditekan atau ditarik secara penuh, jendela akan sepenuhnya terbuka atau tertutup. Tidak semua tipe kendaraan memiliki fungsi ini yang terpasang pada semua pintu penumpang. 
*Mobil Daihatsu Luxio M belum menggunakan system ini. 

3. Fungsi pengunci kaca jendela   
       Pada saat saklar kunci jendela dinyalakan, jendela lain (penumpang) tidak akan bisa membuka/menutup kecuali jendela pengemudi. 
*Mobil Daihatsu Luxio M sudah menggunakan system ini. 

4. Fungsi pengamanan dari jepitan 
       Pada pengoperasian satu kali sentuhan, jendela akan berhenti menutup secara otomatis dan turun kurang lebih 50 mm jika mendeteksi adanya benda asing yang terjepit di jendela Tidak semua tipe kendaraan memiliki fungsi ini.
*Mobil Daihatsu Luxio M belum menggunakan system ini. 

Komponen sistem power window 
Sistem power window terdiri dari beberapa komponen berikut: 
  1. Regulator jendela 
  2. Motor power window 
  3. Saklar utama power window (terdiri dari saklar power window dan saklar penguncian jendela) 
  4. Saklar-saklar power window 
  5. Kunci kontak 
  6. Saklar door courtesy (di sisi pengemudi) 

Cara kerja power window 

1. Fungsi membuka/menutup secara manual.  
       Fungsi ini diaktifkan jika kunci kontak dalam posisi On dan saklar power window ditekan atau ditarik setengah. Selama saklar ditekan atau ditarik setengah, relay pada saklar utama power window akan menggerakkan motor power window untuk membuka atau menutup jendela. Jika saklar power window berhenti ditarik atau ditekan maka relai pada saklar utama power window akan berhenti bekerja sehingga motor power window juga akan berhenti berputar dan jendela akan berhenti bergerak. 
Beberapa model dilengkapi thermistor PTC atau penghenti rangkaian untuk mencegah mengalirnya arus yang melampui batas ke motor penggerak.   

2. Fungsi membuka/menutup otomatis sekali sentuh. 
       Fungsi ini diaktifkan jika kunci kontak pada posisi ON dan saklar kontrol power window ditekan atau ditarik penuh. Meskipun saklar tidak lagi disentuh, saklar utama power window masih tetap menggerakkan motor power window sampai membuka atau menutup penuh. Motor power window akan berhenti jika jendela pengemudi betul-betul tertutup dan IC mendeteksi penguncian motor dari sinyal sensor kecepatan dan saklar batas dari motor power window atau matinya rangkaian waktu. Tutup otomatis bisa berhenti dengan menekan tombol power window pengemudi secara setengah terbuka.  

3. Fungsi pengamanan terhadap jepitan 
       Adanya benda yang terjepit di jendela dideteksi oleh dua komponen: saklar batas dan sensor kecepatan. Sensor kecepatan mengubah kecepatan motor lewat sinyal ketukan. Jepitan dideteksi dari adanya perubahan pada panjang gelombang ketukan. Dengan berhentinya gigi roda, saklar batas membedakan perubahan panjang gelombang sinyal pada saat adanya jepitan dan pada saat jendela betul-betul tertutup. 
       
       Yapp pada dasarnya yang menjadi Kendala utama adalah Dasar Teori dari Power window, dan mungkin untuk lebih mengefisienkan pekerjaan aku Cuma mau nyertain Dasar Teori dari power window, dan yang lain aku jelaskan lewat peragaan nanti…
           
        Yapp.... seperti itu lah teman-temanku semua bagaimana proses kita dalam melaksanakan praktek mungkin hal-hal ini akan bermanfaat bagi rekan-rekan semua manakala teman-teman menuai/menemui/menggunakan mobil-mobil trendy khususnya untuk mobil Daihatsu Luxio M.







           Akhirnya cukup sekian untuk postingku kali ini, aku harap kita masih akan dapat berbagi terus menerus seperti ini.


Wassamu'alaikum Wr.Wb..............

1 komentar: